Welcome Aremania
| Season 2017 | Museum Singo Edan | Kanjuruhan Stadium | Nadeshiko Store
Home » » PROFIL STADION : GBK Stadium, Jakarta

PROFIL STADION : GBK Stadium, Jakarta

Written By Agung Wearemania on Thursday, 1 May 2014 | 22:48


Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) adalah sebuah stadion serbaguna di Jakarta yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno. Stadion ini umumnya digunakan sebagai arena pertandingan sepak bola tingkat internasional. Namanya diambil dari nama Presiden pertama RI, Soekarno yang juga merupakan tokoh yang mencetuskan gagasan pembangunan kompleks olahraga ini.

Dalam rangka de-Soekarnoisasi, pada masa Orde Baru, nama stadion ini sempat diubah menjadi Stadion Utama Senayan. Setelah bergulirnya era reformasi pada 1998, nama Stadion ini dikembalikan kepada namanya semula melalui Surat Keputusan Presiden No. 7/2001.

Dengan kapasitas awal sekitar 100.000 orang, stadion yang mulai dibangun pada pertengahan tahun 1958 dan penyelesaian fase pertamanya pada kuartal ketiga 1962 ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Menjelang Piala Asia 2007, dilakukan renovasi pada stadion yang mengurangi kapasitas stadion menjadi 88.083 penonton.

Gedung olahraga ini dibangun mulai sejak pada tanggal 24 Agustus 1962 sebagai kelengkapan sarana dan prasarana dalam rangka Asian Games 1962 mulai buka diresmikan sejak pada tanggal 24 Agustus 1962 yang diadakan di Jakarta. Pembangunannya didanai dengan kredit lunak dari Uni Soviet sebesar 12,5 juta dollar AS yang kepastiannya diperoleh pada 23 Desember 1958.

Stadion ini digunakan oleh Persija Jakarta untuk menggelar laga kandangnya di Indonesia Super League (ISL). Musim 2012-2013 lalu Persija sempat "terusir" dari stadion ini lantaran sulitnya mendapatkan izin dari pihak keamanan untuk menggelar laga kandang. Kelompok suporter yang selalu beraksi di stadion ini adalah The Jakmania, pendukung Persija. Meraka selalu menyambut baik Aremania setiap Persija menjamu Arema di stadion ini tiap tahunnya.

Data Stadion :
Lampu: 1.700 luks
Jenis Rumput: Zoysia Matrelia Linmer
Panjang sentel ban: 800 meter
Panjang lapangan: 110 meter
Lebar lapangan: 70 meter
Lintasan Atletik: 400 meter, 8 jalur
Kapasitas Teribun: 88.000 penonton

Keterangan :
Tribun : A
Tempat duduk : B+
Fasilitas : A
Rumput : A
Drainase : A
Penerangan : A
Papan Skor : A
Kondisi : A

Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta 
 
BACK TO PANDUAN TOUR AREMANIA 
Share this article :

0 comments:

AREMA 30 TAHUN
#M30ISILAKES



Qta FANS

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Qta AREMANIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger