Welcome Aremania
| Season 2018 | Museum Singo Edan | Kanjuruhan Stadium | Nadeshiko Store
Std. Kanjuruhan, Sabtu (06.10.2018), 15.30

PANDUAN TOUR AREMANIA

lion BACAAN WAJIB SEBELUM TOUR lion

Tour adalah sebuah rutinitas dan seolah menjadi kewajiban bagi nawak-nawak Aremania ketika Arema bermain tandang. Apalagi tujuannya kalau bukan untuk mendukung tim kebanggaan Arema tercinta.

Sebagai suporter teladan di tanah air tentunya Aremania tak mau disamakan dengan suporter tetangga sebelah yang identik dengan tindakan anarkis, menjarah, dan menciptakan ketakutan di kalangan masyarakat?

Aremania suporter fanatik yang berkode etik, makanya tiap tour away pun sebisa mungkin kita harus berprinsip demikian. Untuk itu tak ada salahnya menyimak PANDUAN TOUR AREMANIA ini.


DENGAN SIAPA?

Ada dua pilihan untuk mengikuti tour, yaitu berangkat sebagai peserta tour resmi Aremania (biasanya dikoordinir oleh beberapa korwil Aremania dan diumumkan beritanya di berbagai media), atau tidak terdaftar bersama rombongan (berangkat bersama-sama atau terpisah). Keduanya memiliki kelebihan masing-masing.

Jika nawak tidak ingin repot mengurus keperluan segala tetek bengek ketika mengikuti tour (transportasi, konsumsi hingga tiket) ada baiknya segera mendaftarkan diri kepada panitia tour resmi. Biaya yang dikeluarkan masih dalam jangkauan suporter. Biaya tersebut sudah termasuk transportasi pulang pergi (PP), konsumsi, dan selembar tiket ekonomi.

Berangkat terdaftar dan bersama rombongan tour memberikan nawak keamanan, karena ada banyak rombongan suporter bersama Anda dan saling menjaga. Namun, bilamana nawak ingin merasakan sensasi bepergian, baik dengan keterbatasan atau kelebihan budget, sah-sah saja jika nawak mencoba variasi lain (tidak terdaftar dalam rombongan tour). Jika memang demikian, nawak diharuskan memiliki persiapan lebih sebelum melakukan perjalanan panjang ke stadion tujuan. Ada baiknya simak beberapa informasi selanjutnya.


NAIK APA?

Kalau nawak ladub sama rombongan resmi tak perlu memikirkan hal ini, karena panitia pasti udah menyediakan transportasi sesuai uang pendaftaran yg telah umak setorkan. Untuk nawak-nawak yang jadi single fighter, ada beberapa transportasi yang bisa dipilih.

Kalau ada yang memilih menggunakan mobil pribadi atau menyewa, hal yang paling penting yang harus diperhatikan adalah bahan bakar dan pengecekan kondisi mobil sebelom berangkat untuk menghindari resiko di tengah jalan. Siapkan juga budget untuk karcis tol PP. Yang terakhir, sediakan sopir cadangan agar bisa bergantian mengendarai mobilnya jika jarak menuju lokasi tour away membutuhkan waktu yang tak sebentar.

Jika nawak-nawak memilih kendaraan umum seperti bus, kereta api atau pesawat, hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah jadwal keberangkatan kendaraan tersebut. Pastikan mendapatkan tiket keberangkatan sebelum hari H pertandingan. Jangan lupa cari tahu pula info kendaraan umum dari terminal/stasiun/bandara tujuan menuju venue pertandingan untuk lebih memudahkan selama di tempat tour.


KONSUMSINYA?

Tour pasti akan menguras energi dan tenaga, maka dari itu upayakan tetap makan seperti biasanya agar tubuh tetap fit dan bisa maksimal mendukung Arema.

Harga makanan dan minuman di daerah tujuan tour tentu tak sama dengan yang biasa nawak-nawak makan di tempat asal. Upayakan mencari info soal harga makanan tersebut kalau nawak-nawak tidak mau jadi korban oknum penjual makanan yang biasa memanfaatkan momentum dengan menaikkan harga makanan seenaknya di waktu-waktu tertentu.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, umumnya makanan dijual terpisah antara harga nasi dan lauknya. Untuk air minum kemasan botol, lebih baik membeli di minimarket terdekat karena harga di pedagang kaki lima sekitar stadion biasanya lebih mahal.

Dari semua itu, mungkin yang lebih enak jika kita bawa makanan dan minuman sendiri dari tempat asal kita.


TIKETNYA?

Selain transportasi dan konsumsi, kebutuhan akan tiket pertandingan adalah yang utama. Nawak-nawak tentu datang ke stadion bukan untuk sekedar tour dan pulang tanpa melihat pertandingan Arema bukan?

Kalau ikut rombongan resmi biasanya uang pendaftaran tour sudah termasuk tiket masuk stadion. Buat nawak-nawak yang single fighter, belilah tiket di ticket box resmi atau dikoordinir oleh perwakilan korwil. Info soal lokasi pembelian tiket bisa didapat dari panpel setempat atau langsung mendatangi loket di stadion tersebut.

Membeli tiket di loket atau ticket box dijamin jauh lebih murah dibandingkan harga di calo yang biasanya selisih Rp.5.000,- sampai Rp.50.000,-.


PERLENGKAPAN?

Tour away mendukung Arema itu tak ubahnya dengan tamasya. Jadi harus membawa perlengkapan dan keperluan pribadi. Apalagi jika di tempat tujuan tidak memiliki kenalan atau saudara yang bisa diandalkan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini perlengkapan tambahan yg harus umak bawa saat tour :
*Jas hujan/payung,
*Obat-obatan pribadi,
*Pakaian ganti kering,
*Seperangkat alat mandi,
*Perlengkapan ibadah seperlunya,
*Identitas diri yang masih berlaku, siapa tahu ada razia KTP,
*Cadangan uang secukupnya.


MENGINAPNYA?

Bagi nawak-nawak yang pengen menginap di kota tujuan tour (tidak langsung pulang setelah menonton pertandingan) tinggal memilih tempat penginapan sesuaikan selera dan budget masing-masing.

Yg termurah tentu bermalam di rumah saudara atau mungkin ada kenalan anak Jakmania. Menginap di basecamp atau di rumah mereka adalah alternatif terbaik. Kalau pengen yang agak berfasilitas, ya silahkan browsing penginapan di internet.

Kalau nawak-nawak punya budget yang terbatas tapi tidak punya kenalan di kota tujuan, tak usah khawatir. Kemping di area stadion tujuan bisa jadi jalan keluarnya. Tapi dengan catatan minta izin dulu kepada sang pengelola, sertakan alasan yang masuk akal serta jagalah ketertiban dan keamanan selama menginap di kawasan tsb.

Selain beberapa hal di atas, ada hal penting yang wajib dilakukan oleh nawak-nawak Aremania selama tour. Setiap Aremania wajib menjaga etika dan sopan santun selama di perjalanan. Sebisa mungkin hindari provokasi dari oknum-oknum yang ingin melakukan aksi anarkis dan memancing Aremania untuk melakukan perbuatan serupa. Hal ini bertujuan untuk menjaga citra Aremania di mata masyarakat dan media massa. Intinya ladub-ngalup selamet, oyi?






PANDUAN TOUR AREMANIA 
 
BACK TO JADWAL LAGA AWAY AREMA 

0 comments:

AREMA FC 2018
LE31H EDAN!



Qta FANS

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Qta AREMANIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger